Menu

Berbincang seputar ketahanan keuangan organisasi

Kursus oleh Tim Re.Search.id
Categories: 

About Course

Ngopi Cakep (Ngobrol Pintar dan Cerita Pengalaman Keren) merupakan rangkaian kegiatan yang menjadi wadah untuk berbagi pengalaman dan praktik baik BUILD grantees selama menjalankan kegiatan dan program di organisasi. Selain menjadi ruang belajar yang tidak hanya berbasis teori, tetapi berdasarkan pengalaman dan praktik di lapangan, kegiatan ini juga memberikan kesempatan pada CSO/NGO untuk mempererat dan memperluas jejaring terutama dengan sesama BUILD Grantees.

Rangkaian video yang diberikan merupakan rekaman kegiatan yang telah dilakukan pada Desember 2021.

What Will You Learn?

  • Memahami bagaimana organisasi membuat strategi dalam mempekuatan inovasi dan ketahanan keuangan organisasi

Course Content

Pengenalan Re.Search dan Kegiatan Berjejaring antar Organisasi
Apa itu Re.Search (Resource Hub for Strengthening Capacity on Financial Resilience)? Adalah sebuah inisiatif yang diharapkan menjadi wadah belajar untuk meningkatkan kapasitas organisasi menuju ketahanan finansial. Peer learning merupakan salah satu bentuk aktivitas belajar dimana setiap organisasi akan berbagi, melihat, memahami, serta mendiskusikan pengalaman dari organisasi lain sesama pelaksana hibah BUILD. Tiap organisasi mempunyai pengalaman dan pembelajaran berharga yang sangat bermanfaat bagi organisasi lain, tak jarang, dengan berbagi pengalaman dan diskusi bersama dapat memunculkan inovasi-inovasi dalam rangka meningkatkan kapasitas organisasi. Hal inilah yang mendasari Re.Search menginisiasi forum peer learning bagi organisasi pelaksana hibah BUILD. Dengan demikian diharapkan setiap organisasi akan mendapatkan pembelajaran serta inspirasi untuk pengembangan organisasi masing-masing.

  • Pengenalan Re.Search dan Kegiataan Berjejaring antar Organisasi
    11:23

Pendekatan dan Strategi dalam Mengelolah organisasi
Pendekatan dan strategi yang tepat sangat menentukan keberhasilan pengelolaan organisasi dan pelaksanaan program. Perkumpulan Prakarsa membagikan pengalaman tentang bagaimana implementasi pendekatan multi pihak, multi dimensi, serta multi strategi dalam pengelolaan SDM dan pengelolaan program, sehingga struktur organisasi di semua tingkatan, mulai dari advisory board sampai dengan pengurus harian, dapat bersinergi secara efektif dalam pengelolaan organisasi dan pencapaian target program yang dijalankan.

Eksplorasi Potensi dan Kekuatan Organisasi
Setiap individu dalam organisasi mempunyai kekuatan dan potensinya masing-masing yang jika dikelola dengan tepat akan berkontribusi bagi keberlanjutan dan perkembangan organisasi. Koalisi Seni membagikan pengalaman pengelolaan sumberdaya manusia dengan pendekatan berbasis keunggulan (strength-based) individu, bagaimana bakat, keahlian dan pengalaman individu dapat diaktualisasikan untuk berkontribusi menggerakkan dan mengembangkan organisasi.

Inovasi dalam Optimalisasi Kinerja Tim
Inovasi-inovasi dalam mengoptimalisasi dan mengukur kinerja tim menjadi perhatian semua partisipan, termasuk dalam hal ini adalah aplikasi metode penilaian kinerja 360 derajat. Pada sesi diskusi kita dapat mengetahui bagaimana hambatan-hambatan yang dihadapi oleh organisasi pelaksana program BUILD, serta inovasi apa yang telah mereka lakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam pengelolaan organisasi tersebut. Adanya sinergitas dan saling memahami (guyup) dalam setiap level struktur organisasi (board dan eksekutif) menjadi salah satu hal penting, karena tanpa itu, organisasi akan sulit menghasilkan inovasi, dan pada gilirannya kekuatan yang dimiliki individu tidak dapat berkontribusi positif bagi organisasi.

Free
Free access this course
Course By
Tim Re.Search.id

Audience

  • Semua CSO dan NGO

Material Includes

  • Learning Video
  • Reading Documents
cross

Want to receive push notifications for all major on-site activities?